Minggu, 27 Maret 2016

RAJADOMINO.COM AGEN JUDI POKER CAPSA SUSUN DAN BANDAR DOMINO QQ ONLINE TERPERCAYA

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat dan dinamis serta dimulainya era globalisasi yang menyebar diseluruh kawasan dunia, membuat packagin atau kemasan mempunyai peran yang sangat penting terhadap komoditi atau produk yang tidak dapat terpisahkan dari kemasan itu sendiri. Packaging atau kemasan yang baik minimal dituntut untuk memiliki keempat fungsi dasar kemasan yaitu sebagai alat pelindung terhadap  produk atau komoditi yang dikemas, sebagai alat untuk memudahkan pada proses disdtribusi, media promosi atau display terhadap produk yang dikemas serta sebagai media informasi produk terhadap konsumen yang membeli atau memakainya. Disamping harus memiliki keempat fungsi dasar kemasan yang disebutkan sebelumnya, kemasan yang baik haruslah juga memperhatikan penggunaan bahan baku kemasan dan faktor desain kemasan yang sangat menentukan nilai daya jual produk yang dikemas. Faktor – faktor inilah yang membuat suatu packaging atau kemasan semakin diperhatikan oleh kalangan dunia usaha terhadap produk – produk yang diedarkan.

Konsumen biasanya membeli RAJADOMINO.COM AGEN JUDI POKER CAPSA SUSUN DAN BANDAR DOMINO QQ ONLINE TERPERCAYA suatu pruduk karena alasan kebutuhan. Namun ada alasan atau faktor – faktor lain yang turut serta mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembeliannya, seperti visual(warna dan layout), bentuk dan ukuran, teknologi, lebel informasi yang terdapat pada kemasan suatu produk. Oleh karena itu perusahaan – perusahaan mulai membuat suatu inovasi terhadap produknya yaitu dengan cara membuat kemasan siap saji dengan kombinasi desain gambar dan warna yang cerah dan menarik sehingga membuat konsumen tertarik untuk membeli.

Kemasan merupakan suatu hal yng sangat penting dalam suatu produk, dengan kemasan ini suatu produk akan mempunyai sutu ciri khas yang dikenal oleh konsumen, kemasan juga merupakan faktor yang penting karena konsumen akan membeli suatu produk dengan kemasan yang sangat efektif.

Salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia adalah makanan tradisional, tapi kurangnya perhatian yang dimiliki para pengusaha kecil atau menengah dalam membuatkan kemasan sebagai media untuk mempromosikan produknya.

Dari sini penulis berangkat untuk merancang sebuah kemasan produk makanan tradisional Pinrang ‘KARASA’ guna untuk mempromosikan makanan tradisionak ini kepada konsumen dan salah satu syarat untuk lulus mata kuliah ini.

Dari uraian latar belakang yang diatas penulis dapat merumuskan permasalahan yakni “Bagaimana merancang kemasan produk makanan tradisional pinrang ‘KARASA’ sebagai media promosi”.

Pada perancangan ini dilakukan pembatasan masalah guna untuk mempermudah penulis dalam perancangan. Penulis hanya merancang kemasan produk makanan tradisional Pinrang ‘KARASA’ sebagai media promosi.

RAJADOMINO.COM AGEN JUDI POKER CAPSA SUSUN DAN BANDAR DOMINO QQ ONLINE TERPERCAYA

Perancngan kemasan produk makanan tradisional ini bertujuan untuk :
a.    Untuk mempermudah memasarkan atau  mempromosikan produk makanan tradisional Pinrang ‘KARASA’ dikalangan masyarakat.
b.    Untuk memberikan pengetahuan kepada pengusaha kecil betapa pentingnya sebuah  kemasan dalam  memasarkan  produknya dan meningkatkan harga produk.

Manfaat Perancangan
Perancangan kemasan produk makanan tradisonal ini diharapkan akan memberi manfaat sebagai berikut :
a.    Bagi penulis, perancangan ini diharap akan meningkatkan kemanpuan untuk berpikir lebih kreatif dan juga menigkatkan jiwa bisnis.
b.    Bagi pengusaha makanan tradisonal pinrang, perancangan ini diharapakan meningkatkan penghasilan dan memberikan pengetahuan tentang pentingnya kemasan dalam meningkatkan penjualan.

Agar memperoleh data dan informasi yang diingikan, maka dilakukan pengumpulan data untuk mengetahui keadaan sesunggunya tentang objek yang menjadi sasaran penelitian ini agar kebenaran dan ketetapan data yang diperlukan dapat terjamin. Berikut langkah – langkah yang dilakukan yakni :
a.    Observasi
Dalam perancangan ini dilakukan observasi kepada pengusaha kecil makanan/kue tradisional di pinrang ‘KARASA’ untuk mengetahui bagaimana pemahaman mereka tentang kemasan yang menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan produk mereka dan mempromosikan produk mereka kepada konsumen.
b.    Wawancara
Dalam perancangan ini, akan dilakukan wawancara dengan nara sumber secara langsung yag merupakan pengusaha kecil makanan/ kue tradisional Pinrang ‘KARASA’. Wawancara dilakukan dengan pertanyaan terstruktur yang berkaitan dengan masalah perancangan.
c.    Internet
Dalam perancangan ini dilakukan pencarian data melalui internet, seperti buku elektronik, artikel, serta contoh skripsi yang akan membantu dalam pengumpulan data dan sebagai pedoman dalam proses perancangan kemasan.
d.    Dukumentasi
Dalam perancangan ini dilakukan pengambilan gambar terhadap perancangan dan objek penelitian. Dokumentasi yang dilakukan seperti pengumpulan data, proses perancangan, penerapan, produk, proses produk ini dibuat, proses pengemasan, sampai produk didarkan, dan sebagainya.

metode Analisis Data
Metode anlisis data yang digunakan pada perancangan pada perancangan ini yaitu kulitaif deskriptif pendekatan 5W 1H dan SWOT.
a.    Analisis 5W 1H
1.    What(Apa)?
Apa yang menjadi pertimbangan para pengusaha makanan tradisional untuk membuatkan kemasan pada produk yang akan diedarkan?
2.    Why(Mengapa)?
Mengapa pengusaha makanan tradisional harus membuatkan kemasan untuk produknya yang akan dijual di pasaran?
3.    Who(siapa)?
Siapa target audience atau khalayat sasaran dalam perancangan kemasan produk makanan tradisional Pinrang ‘KARASA’?
4.    Where(dimana)?
Dimana perancangan ini akan ditempatkan agar mengenai target perancangan yang tepat?
5.    When(Berapa)?
Barapa lama waktu yang dibutuhkan dalam proses perancangan ini?
6.    How(Bagaimana)?

Bagaimana agar perancangan kemasan RAJADOMINO.COM AGEN JUDI POKER CAPSA SUSUN DAN BANDAR DOMINO QQ ONLINE TERPERCAYA produk makanan tradisoal ini dapat berguna bagi para pengusaha dan konsumen?
b.    SWOT
1.    Streng(Kekuatan)
•    Tampilan kemasan yang menarik yang disesuaikan dengan produknya.
•    Tampilan warna kemasan yang menarik yang disesuaikan dengan produknya.
•    Tipografi yang muda dibaca dan menarik yang disesuikan dengan produknya
•    Memberiakan informasi mengenai produk yang di Pasarkan.
•    Dapat mempermuda produk untuk dipromosikan ke konsumen.
2.    Weakness(kelemahan)
•    Masih banyak pengusaha kecil yang tidak memperhatikan kemasan produknya.
•    Kuranya pengetahuan tentang merancang sebuah kemasan yang menarik.
3.    Opportunity(Peluang)
•    Dengan perancangan kemasan produk makanan yang menarik akan membantu untuk meningkatkan harga dan penjualan produk.
•    Karna perkembangan zaman sekarang para konsumen tidak hanya melihat produknya saja tapi juga sudah memperhitungkan kualitas dan visual kemasan yang menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar